Rabu, 05 Mei 2010

Tugas ke-2 Etika Profesi

1. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari.

Jawab : Dilemma moral adalah suatu situasi di mana dua atau lebih kewajiban moral, tugas, hak, atau cita-cita berada dalam suatu konflik. Contohnya adalah ketika seseorang mencuri obat yang sulit didapatkan karena harganya yang sangat mahal (meskipun orang itu telah meminjam atau meminta uang kepada orang lain) untuk kesehatan orang tuanya.

2. Jelaskan paham kantianisme dan berikan contohnya!

Jawab : Paham kantianisme adalah paham yang mempelajari tentang dalam setiap pengambilan keputusan, kita harus membayangkan jika kita berada pada pihak yang dirugikan. Contohnya, anda mengetahui bahwa ada orang mau bunuh diri dengan pistol. Kemudian anda mencuri dan membuang pistol orang itu agar tidak jadi bunuh diri. Jika mengikuti paham Kant, anda tetap bersalah karena mencuri. Padahal jika tidak dicuri belum tentu juga orang itu bunuh diri.

3. Paham utilitariansme banyak dianut oleh para profesional di bidang keteknikan. Jelaskan alasannya!

Jawab : Utilitarianisme berpandangan bahwa baik atau buruknya suatu tindakan seseorang didasarkan atas tujuan atau akibat bagi kebanyakan orang (Keraf & Imam, dalam Ludigdo, 2007). Bagi seorang, dia akan mendapat kebahagiaan jika dia melakukan tindakan atas motivasi dasar untuk mengejar akibat baik yang sebesar mungkin bagi sebanyak mungkin pihak yang terlibat. Ada dua hal yang positif dari pemikiran utilitarianisme ini, yaitu menyangkut rasionalitas dan universalitasnya. Dalam hal rasionalitas, suatu tindakan dipilih dan pada gilirannya baik karena tindakan itu mendatangkan akibat baik yang lebih banyak daripada tindakan lainnya. Sedangkan universalitasnya berhubungan dengan alasan bahwa akibat atau nilai yang hendak dicapai diukur berdasarkan banyaknya orang atau pihak yang memperoleh manfaat dari suatu tindakan. Para professional dalam bidang keteknikan mempunyai pandangan bahwa baik atau buruknya suatu tindakan seseorang didasarkan atas tujuan atau akibat bagi kebanyakan orang, karena dalam bidang tersebut hasil baik atau buruk dari apa yang dihasilkan para professional itu sering ditentukan oleh para penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I got this game from IconGamez.com!